Usaha Kesehatan Sekolah

Merebahnya wabah penyakit menular menjadi perhatian khusus saat ini bahkan merata hampir diseluruh penjuru dunia; bahkan beberapa negara sudah melarang warganya bepergian keluar negeri ataupun menolak warga negara asing masuk kedalam wilayahnya guna mencegah penyebaran virus yang semakin meluas,


Hal tersebut sangat baik dilakukan pemerintah setempat meskipun berdampak pada mobilitas masa yang terhambat. Tidaklah berlebihan kalaupun mereka tidak bisa bertemu, bersalaman atau bertegur sama mereka masih bisa berkomunikasi lewat media sosial yang selama ini mereka dewakan. 
Sadar atau tidak pertemuan yang kita 
lakukan selama ini hanya terbatas basa-basi saja karena prosentasenya jauh lebih banyak bermain ponsel ketimbang bercengkerama. Jadi tidak perlu terlalu membesar-besarkan wabah ini yang menyebabkan kekuatiran yang mendalam apalagi menyebarkan edaran larangan berjabat tangan yang justru membuat hubungan emosionalnya lenyap sampai tubuh ini semakin lemah gara-gara harus dibatasi pertemuannya di tempat umum sehingga bersedih hati dan jatuh sakit karena kekebalan tubuh berkurang akibat terlalu memikirkan virus corona yang lagi mewabah.

Saat ini orang tua juga sibuk memborong kebutuhan pokok, masker, apalagi membeli jamu yang terkait dengan tanaman obat keluarga (TOGA) dan konon kandungan kurkuminnya mampu mencegah putra putrinya tertular wabah penyakit tersebut. Bukannya mereka sudah tahu hal itu dari dulu bahwa perlunya menanam tanaman obat keluarga demi kesehatan warganya ? kenapa justru baru sekarang ketika wabah itu merebah?, Sadarlah wahai kita semua akan perlunya hidup bersih dan sehat karena yang membuat kita jadi sakit adalah kita sendiri jangan menyalahkan orang lain karena yang sudah terserang pun sudah diisolasi tinggal bagaimana kita bisa menjaga kebersihan, kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh itu yang harus kita lakukan.

Butuh peran serta aktif kita semua yang terkadang baru menyadari ketika wabah itu merebah akibat pola hidup yang tidak sehat dengan membiarkan sampah berserakkan tak terpilah, debu dirumah yang semakin tebal karena tidak dibersihkan atau lantai yang kotor karena tidak pernah dipel bahkan sarang laba-laba di plafon rumah semuanya itu  dapat menyebabkan kekebalan tubuh berkurang karena jadi sarang nyamuk,lalat bahkan virus dan menjadikan daya tahan kita berkurang sehingga gampang sakit dan mudah tertular yang akhirnya berdampak pada semua warga dirumah tersebut.
Belum lagi makanan serta jajanan anak-anak yang tidak sehat terlepas dari perhatian orang tua peran sekolah sangat diperlukan guna mengedukasi pelajar akan pentingnya makanan dan   jajanan sehat. 
Sehat atau sakit kita lebih banyak dipengaruhi oleh apa yang kita makan atau minum. Saat ini banyak sekali makanan olahan daging, ikan bahkan sayuran dibuat memang supaya lebih praktis memasaknya dan instan penyajiannya dan justru disukai oleh anak-anak kita. Disinilah peran orang tua maupun guru sangat diperlukan karena ketidaktahuan siswa dampak dari keseringan mengkonsumsi makanan itu sebut saja sosis, nuget, junkfood, fastfood, frozzen food, makanan atau minuman kemasan kaleng atau mi instan itu semua memang dibuat hanya untuk konsumsi dalam keadaan darurat, Apalagi minuman warna warni  dari pewarna dan pemanis berbahaya serta  macam-macam gorengan yang dijajakan dengan miyak goreng yang dipakai berulang-ulang tidak pernah diganti bahkan dicelupkan bersama plastik.pembungkusnya  supaya terasa gurih gorengannya sangat tragis yang dilakukan oleh pedagang nakal demi mendapat untung besar dengan mengorbankan kesehatan anak kita. Tentunya selalu orang tua tidak pernah rela hal ini terjadi dan     
selama kita masih bisa membeli sayuran, ikan atau daging segar itu jauh lebih baik mengolahnya dengan cara memasak yang benar dan itu harus dilakukan oleh orang tua dirumah demi menjaga kesehatan keluarga.
Inilah yang menjadi kelemahan orang tua saat ini dengan berbagai alasan kesibukan mereka lebih suka menyajikan makanan instan untuk bekal anaknya disekolah bahkan lebih tragis lagi mereka cukup memberi uang jajan terserah nanti disekolah atau dijalan membeli makanan ataupun minuman apa mereka tidak mempedulikannya. 
Disinilah ada peran pihak sekolah dalam menanamkan pola makanan sehat  kepada siswanya dengan menyajikan makanan sehat dikantin sekolah yang sebelumnya sudah mendapat pantauan dari dinas kesehatan. Dalam hal ini peran pemerintah cukup besar turut memelihara kesehatan masyarakat melalui penyuluhan kesehatan ataupun kenakalan remaja melalui puskesmas setempat dapat lebih aktif bekerjasama dengan pihak sekolah terdekat sebagai binaannya dan turut menjaga kesehatan para pelajar dengan datang kesekolah atau melabyani siswa yang sakit dengan datang ke puskesmas.
Jika hal tersebut dapat dilakukan kita yakin akan tercipta budaya yang sehat apalagi dukungan masyarakat dilingkungan tempat kita berada. Kita perlu perangkat desa yang mampu menjaga kebersihan lingkungan dimana mereka tinggal dengan senantiasa rutin melakukan kegiatan kemasyarakatan baik berupa kerjabakti, membersihkan selokan atau mengolah dan meminimalkan sampah rumah tangga, mencegah banjir ataupun pembuatan MCK warga bahkan bedah rumah dapat dilakukan demi terciptanya lingkungan yang sehat.
Untuk itu perlunya kita melakukan usaha kesehatan keluarga dengan memulainya dari kita sendiri sebelum menyuruh orang lain berprilakulah sehat. Hal paling sederhana bisa kita lakukan dengan mengawali dari saat kita bangun tidur bisa langsung merapikan bantal, guling, sprei atau selimut sehingga tidak berdebu dan terlihat rapi kemudian mengumpulkan pakaian  kotor untuk dicuci  serta membersihkan rumah dan halaman. Hal inilah jangan dijadikan beban lakukanlah dengan sukacita demi kesehatan keluarga. Jika ada waktu luang sempatkan berkebun tanaman sayur atau buah bahkan toga untuk ketahanan pakan rumah tangga serta mendidik anak mengatahui manfaat mengkonsumsi sayur dan buah sekaligus obat herbal toga dari halaman rumah sendiri sehingga mereka sudah mendapatkan terapi sejak dini tentang pemanfaatan toga yang tujuan akhirnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. 
Dampak besar yang diharapkan mereka akan membagikan pengalaman barunya disekolah dengan mengajari teman kelasnya dan didukung pihak sekolah secara berjenjang kita yakin akan tumbuh generasi masa depan yang sehat dan dapat menerima ilmu dengan baik sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas , negara pun maju dengan pesat karena "sehat dimulai dari saya" adalah slogan yang harus kita galakkan kembali  sebagai usaha menangkal wabah penyakit yang merebah melalui pendidikan , pelayanan kesehatan dan terus menjaga lingkungan tetap sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktifkan UKS Negatifkan Covid-19

Sehat Dimulai Dari Saya (2)