Sehat Dimulai Dari Saya (2)

Awal yang baik akan menjadi kebiasaan yang baik apalagi kita sebagai orang dewasa lebih patut memberi contoh dahulu kepada anak sebelum menyuruh melakukan sesuatu. Kita menyadari akan kedewasaan kita yang dulunya kurang mendapatkan didikan tentang kedisiplinan, kebersihan , kerapihan , ketertiban apalagi tentang kesehatan yang awam bagi orang tua kita dulu hanya menyerahkan pendidikan kepada sekolah yang lebih mengedepankan target kurikulum ketimbang kebermanfaatan pendidikan dalam kehidupan. Beruntunglah kepemimpinan saat ini memberikan kebebasan dalam memerdekakan belajar disekolah demi  perkembangan anak. 
Tidak ada kata terlambat untuk belajar dari diri kita sendiri sebelum menyuruh melakukan sesuatu untuk orang lain. Kita bisa mulai mencoba untuk merapikan tempat tidur sebelum beranjak hal sepele ini bisa lebih mudah kita ajarkan kepada anak anak dalam satu keluarga pastilah hasilnya akan luar biasa manakala mereka dewasa kelak senantiasa rapi tempat tidurnya setelah bangun tidur karena terbiasa semenjak kecil sudah diajarkan oleh orang tua. 
Pada awalnya orang tu memang perlu memerintahkan dengan penjelasan dan alasan untuk melakukan hal baik dan tidak jarang dengan nada tinggi supaya anak mau melakukan meskipun mereka menolak, tetapi setelah tau  manfaatnya apalagi tanggungjawab personalnya kita yakin tanpa diperintahpun mereka akan melakukannya bahkan tidak jarang mereka akan menanyakan apalagi yang harus diperbuat dalam membantu orang tua di rumah.
Pada saat inilah keberhasilan kita mengajarkan kebermanfaatan tercapai dari hal terkecil dimana rapi dimulai dari saya. 
Anakpun akan melihat sekeliling kamarnya dan membenahi dengan menata, membersihkan, menyapu atau mengepel lantai. Kalau ini terjadi tidak ada salahnya orang tua memberikan motifasi sebagai bentuk penghargaan agar tanggungjawab yang lebih besar bisa dilakukan juga oleh anak.
Sebagai orang tua yang sudah melewati masa kecil dengan didikan yang terbatas harusnya kita sadari agar tidak terulang pada anak kita sebagai generasi penerus karena mereka lebih mudah melakukan sesuatu yang kita ajarkan untuk bekal hidupnya kelak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktifkan UKS Negatifkan Covid-19

Usaha Kesehatan Sekolah